Potret Buram Mahasiswa Indonesia

Mei 25, 2008 at 11:24 am 4 komentar

demo

Menjelang kenaikan BBM akhir minggu ini di televisi maupun media massa kita sering menyaksikan demo yang dilakukan oleh mahasiswa di berbagai daerah yang menuntut pemerintah agar tidak menaikkan harga BBM. Ya, kenaikan BBM merupakan kado special 100 tahun kebangkitan bangsa Indonesia. Presiden SBY yang sempat mengeluarkan pernyataan untuk tidak menaikkan harga BBM terpaksa harus menelan ludahnya sendiri karena tidak kuasa menahan lajunya harga minyak dunia yang mencapai $130 per barrel.

Lalu, apa yang salah dengan demo yang dilakukan oleh rekan-rekan mahasiswa? Tidak ada yang salah, malahan itu merupakan penyampaian aspirasi yang menjadi bagian dari proses demokrasi itu sendiri. Akan tetapi, dalam kenyataannya emosi lebih unggul bermain daripada aspirasi hati nurani sehingga menyebabkan penyampaian aspirasi berubah menjadi tindakan anarki.

Heran melihat tingkah laku mahasiswa negeri ini yang selalu bertindak anarki. Kalo kita lihat tidak ada atau bisa dikatakan jarang demo yang berakhir tanpa tindakan anarki. Penyampaian aspirasi boleh saja, silahkan, bahkan pemerintahpun memberi kesempatan kepada siapa saja untuk menyampaikan aspirasinya. Aksi lempar batu, dorong-dorongan dengan aparat, blokir jalan dan membakar ban serta merubuhkan pagar sudah menjadi ciri khas demo mahasiswa. Bahkan yang baru saja terjadi, demo yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Nasional sampai melempar aparat dengan bom molotov.

Kenapa bisa perilaku penerus bangsa menjadi sebiadab ini? Kalau kita lihat dan kita renungkan lingkunganlah yang membuat mereka menjadi seperti ini. Manusia yang senang melihat darah orang lain. Manusia yang senang melihat orang lain menderita. Manusia yang tidak punya rasa kasih sayang kepada sesama. Harus bagaimanakah bangsa ini agar segera sadar dan bangkit dari mimpi indah yang selama ini digembor-gemborkan? Masa lalu telah membutakan mata kita, masa lalu telah membuat kita kerdil dan tak mau berusaha. Indonesia zamrud khatulistiwa, Indonesia macan Asia, Indonesia kaya akan sumber daya alam dan masih banyak hal lain yang membuat kita terlena dan terbang tinggi ke angkasa.

Sudah saatnya bangsa ini berbenah diri, menata hati, merancang visi dan misi yang lebih rasional dan faktual dengan keadaan saat ini. Sejarah merupakan pelajaran hidup yang berarti, namun sejarah jangan sampai membelenggu pola pikir kita. Penyampaian aspirasi yang santun dan tertib bukan merupakan hal yang mustahil malahan kalau hal ini bisa terwujud akan membuat orang simpati dan mendukung aspirasi yang kita suarakan. Polisi bukanlah alat penghalau massa, bukan juga pagar yang membentengi pejabat dengan rakyat. Polisi juga manusia yang punya batas kesabaran dalam menghadapi suatu masalah.

Sampaikanlah aspirasi karena itu merupakan bagian dari pendewasaan demokrasi di negeri ini…

Entry filed under: Kontroversi. Tags: .

(Lagi) Tentang Kenaikan BBM Tempat Curhat Konten Internet

4 Komentar Add your own

  • 1. ROE  |  Mei 31, 2008 pukul 6:31 pm

    salam. numpang baca2.

    Balas
  • 2. calmk1d  |  Juni 18, 2008 pukul 6:05 am

    hm…mang serba susah, jd yang salah jadi pemerintah apa mahasiswa y??tp klo dipikir2 naiknya World Oil Price mnrt sy sh aneh jg, minyak kita kn asalnya dari dalam negeri, g beli dr luar tp knp harganya ikt2an naik jg y??lg pula dicabutnya subsidi 60% yg mrpkn pengguna BBM menengah k bawah jd makin susah dh, sy ja krasa makin susah, ongkos transport pada naek, harga sandang, pangan, papan d naik, pusing..!!!

    Balas
  • 3. Aristo Rinjuang (Ari Ferdhon)  |  Juni 24, 2008 pukul 10:51 am

    Hai… ajarin bikin web dong!

    Balas
  • 4. endahdoang  |  Maret 25, 2009 pukul 4:21 am

    edit dari komen sebelumnya
    hehehe masak seh dah bisa punya motor masih minta subsidi??
    benerkah yang udah punya motor disebut golongan bawah??
    tapi dengan jumlah perkapita indonesia yang rendah,,harga BBM segitu tuh mahal abis..
    bener ga seh walopun kita punya minyak ndiri tetep ada peraturan ngasih harga misal ma OPEC gituh..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


feed

Testimonial

Selamat datang di BeritaBaik. Semoga blog ini bermanfaat untuk Anda.

Silahkan berkunjung ke Griya Maya saya yang baru : YudhaKaryadi.com
Yudha Karyadi

Hot News

Photobucket

Download e-book Membongkar Gurita Cikeas di Griya Knowledge.

Archives

Kategori

Statistics

Visitors

  • 94,616 person

Sponsors


%d blogger menyukai ini: