Cerita Mengenai Rokok

Agustus 25, 2008 at 9:04 pm 1 komentar

Beberapa waktu yang lalu, Kak Seto dan Komisi Perlindungan Anak meminta kepada MUI untuk mengeluarkan fatwa tentang keharaman rokok. Rokok dianggap bisa merusak masa depan anak-anak karena pengaruh rokok itu (seperti yang sudah kita ketahui bersama) buruk bagi kesehatan perokok (dan yang paling parahnya lagi) buat orang yang tidak merokok namun dekat dengan perokok (perokok pasif). Kalau kita lihat sekarang, banyak anak-anak sekolahan yang merokok. Mungkin kebanyakan di luar lingkungan sekolah, karena ada beberapa sekolah yang melarang siswanya melarang di sekolah.

Yang paling menarik dari negara ini adalah dimana kita bebas melarang orang dengan mengeluarkan peraturan tanpa berkaca kepada diri kita sendiri. Bapak guru, apakah Anda merokok di sekolah? Anda boleh, kenapa siswa dilarang? Toh, mereka tidak minta duit sama Anda. Mereka juga tidak minta rokok Anda. Apakah bapak guru takut tersaingi dalam hal rokok-merokok? Hal ini hanya sebagai gambaran dimana kita harus berlaku adil dalam membuat peraturan.

Sering kita lihat, rokok sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Sopir angkot misalnya, mereka (beberapa) lebih memilih sarapan dengan rokok dan kopi daripada makan nasi. Yang katanya hidup serba kekurangan, mau beli apa-apa susah. Masih bisa menikmati hidup dengan membakar uang melalui rokok. Trus bapak-bapak berseragam juga terbiasa melakukan tugas-tugasnya dengan rokok di tangan, bapak-bapak wakil rakyat juga terbiasa bersidang didampingi kepulan asap rokok.

Peraturan Gubernur Jakarta sudah ada, tindakan tegas juga beberapa waktu yang lalu pernah dilakukan. Yang penting sekarang adalah bagaimana cara kita untuk menghormati hak-hak orang lain, hak bernafas dan udara bebas bagi orang lain. Tidak mengotori lingkungan dengan abu dan puntung rokok yang dibuang sembarangan. Tidak memberi contoh buruk dan memberi efek buruk pada anak-anak dengan merokok di dekatnya. Tidak merokok pada tempat-tempat yang dilarang dan membelanjakan uang dengan bijak. Semoga hal itu bisa tercapai. Amin.

Entry filed under: Good News. Tags: , , , .

Children Voices On The Indonesian Environment Mudahnya Berbuat Kebaikan

1 Komentar Add your own

  • 1. faisal  |  Desember 4, 2008 pukul 8:09 am

    bnyk yg hrs dpkr kan slaen mslh “ROKOK” semua keputusan pasti ada untung dan rugi’a….
    Yg dpkrkan mslh anak2 masa dpn,.,.,.,
    tp pa ada yg mmikirkan nasib2 buruh2 yg bekerja dPabrik ROKOK ???
    blh z rokok dHARAM kan, tp ada LAPANGAN PEKERJAAN yg dsediakan untuk mereka2 yg ena IMBAS’a agar mereka dpt mlanjut kan HIDUP tnpa ada mslh dgn yg m’atas Nama kan Nama’a MASALAH EKONOMI keluarga,,.,.,.
    jg Nasib2 para petani ROKOK,.,.,.,
    Mereka2 itu smua mnggantungkan Nasib mereka dPkrjaan yg mrk krj kan skrg,,,,,,,
    Pa ada yg mau m’biayai hidup mereka ?????????
    Takut’a gara2 mslh ROKOK dHaram kan Ekonomi Keluarga yg b’hbngan dg yg Nama’a TEMBAKAU jd GOYAH so bnyk anak2 mereka yg jd LONTE or PSK dg DALIH krn t’Paksa utk m’bntu keUANGan kluarga,,,,,,
    Klo da gitu sp yg mau tnggung JAWAB ?????
    Tlg dpkr kan lg BOZ,.,.,.,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


feed

Testimonial

Selamat datang di BeritaBaik. Semoga blog ini bermanfaat untuk Anda.

Silahkan berkunjung ke Griya Maya saya yang baru : YudhaKaryadi.com
Yudha Karyadi

Hot News

Photobucket

Download e-book Membongkar Gurita Cikeas di Griya Knowledge.

Archives

Kategori

Statistics

Visitors

  • 94,616 person

Sponsors


%d blogger menyukai ini: