Nasi Goreng Magelangan

Januari 14, 2010 at 5:13 am Tinggalkan komentar

Saat pulang kuliah (jam 21.00) biasanya saya sering merasa lapar walaupun sebelum kuliah saya sudah menyempatkan untuk makan terlebih dahulu. Sebenarnya banyak sih pilihan tempat makan di sekitar kost-an saya (Sungai Bambu, Sunter) cuma saya sering males untuk keliling-keliling kalo sudah malam, badan sudah capek dan ingin segera istirahat. Tak jarang, saya beli nasi goreng yang ’mangkal’ di pertigaan dekat kost saya. Walaupun teman-teman yang asli Magelang sering menyebut nasgor ini ’nasi dikecapin’ tapi tak apalah, yang penting rasa lapar terobati.

Menu yang tersedia antara lain nasi goreng, mie goreng dan mie rebus. Bosan dengan yang itu-itu saja saya minta kepada mas2 tukang nasi goreng untuk meracik ’Nasi Goreng Magelangan’, kebetulan mas2 ini asli Pemalang dan sudah tidak asing dengan Nasi Goreng Magelangan, jadi saya tidak perlu membuat juknis pembuatan Nasi Goreng Magelangan untuk dia🙂 . Buat yang belum tahu, sebenarnya nasi goreng ini sama dengan nasi goreng pada umumnya namun dicampur dengan mie di dalamnya. Inilah menu favorit saya kalau sedang kangen dengan suasana dan keluarga di Magelang. Sebenarnya, Nasi Goreng Magelangan yang dibuat mas2 ini jauh dari Nasi Goreng Magelangan yang asli, Nasi Goreng Magelangan yang asli kecapnya dan manisnya lebih terasa, lebih ’nyemek’, lebih ’mlekoh’ dan lebih banyak ayamnya tentunya. Apalagi proses memasaknya menggunakan arang sehingga menambah cita rasa dibandingkan memasak menggunakan gas.

Kalau dipikir-pikir ternyata Nasi Goreng Magelangan (yang benar-benar asli Magelang) sarat akan makna kehidupan. Saya coba membedahnya melalui uraian di bawah ini :

  • Nasi, sebagai komponen utama masakan ini sebelum menjadi nasi ternyata telah melalui perjalanan yang cukup panjang, mulai dia berasal dari padi, beras sampai dimasak menjadi nasi yang siap untuk digoreng. Begitupun bakmi maupun campuran lain sebelum bisa dimasak membutuhkan beberapa ’perlakuan’ sebelumnya. Hal ini memberikan makna kepada kita bahwa untuk menjadi ’seseorang’ itu membutuhkan suatu proses terlebih dahulu. Proses-proses yang kita lalui akan menentukan seberapa ’enak’ diri kita bagi orang lain.
  • Arang, sebagai bahan bakar untuk memasak harus dinyalakan terlebih dahulu, tidak dengan banyak minyak tanah agar cepat menjadi bara, tetapi dinyalakan di satu sisi kemudian dikipasi secara kontinue untuk membuat nyala dan bara-nya merata. Agar masakan cepat matang, kita membutuhkan api yang agak besar. Untuk membuat api yang agak besar tentunya kita membutuhkan tenaga lebih untuk mengipasi bara tersebut. Sama halnya dengan kehidupan, ada proses-proses dan tahapan yang harus dilalui. Kesabaran, ketelatenan dan kedisiplinan dibutuhkan dalam melalui proses tersebut. Untuk mendapatkan ’api yang besar’ harus ada konsekuensi yang kita lakukan, harus ada tenaga ekstra untuk berjuang lebih keras.
  • Nasi Goreng Magelangan, tidak akan menjadi Nasi Goreng Magelangan apabila hanya ada nasi putih dalam masakan tsb. Dibutuhkan kolaborasi dari mie, ayam, telur, sayuran dan bumbu-bumbu yang lain untuk membuat masakan tsb layak mendapat julukan Nasi Goreng Magelangan. Sama halnya dengan kehidupan, untuk mencapai suatu tujuan dibutuhkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.

Semoga tulisan ini berkenan di hati Anda, kalau ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya. Hanya ingin berbagi apa yang saya miliki.🙂

sumber gambar : banyumurti

Entry filed under: Catatan Hati. Tags: , , .

Kisahmu Inspirasi Hidupku Tabligh Akbar di Masjid Istiqlal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


feed

Testimonial

Selamat datang di BeritaBaik. Semoga blog ini bermanfaat untuk Anda.

Silahkan berkunjung ke Griya Maya saya yang baru : YudhaKaryadi.com
Yudha Karyadi

Hot News

Photobucket

Download e-book Membongkar Gurita Cikeas di Griya Knowledge.

Archives

Kategori

Statistics

Visitors

  • 94,616 person

Sponsors


%d blogger menyukai ini: